Kamis, 02 Juni 2016

Cara Membuat Nama Website yang Menarik


Cara Membuat Nama Website yang Menarik

 

Kadang memilih nama domain bisa membuat pusing bagi orang yang akan membuat website.
Nama website yang menarik bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan bisnis online Anda.
Lalu, apa saja yang sebaiknya kita perhatikan di saat akan memilih nama untuk domain?
Simak tips cara memilih nama domain berikut yang saya dapatkan dari berbagai sumber di internet, plus pengalaman pribadi tentunya.

  1. Berkesan
    Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memang sih, ada fungsi “bookmark” di internet. Namun memilik nama yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali situs Anda. Sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang Anda jalankan. Sebisa mungkin hindari singatan dan kata-kata yang susah dibaca.
  2. Singkat
    Dua puluh karakter adalah maksimal. Akan lebih baik jika hanya sepuluh. Karena nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain, dan akan makin susah untuk diingat. 
  3. Ekstensi yang tepat
    Ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan, dan .mil untuk lembaga militer. Namun jika saya boleh berpendapat, ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net.
  4. Mudah dieja
    Nama domain yang susah dieja akan menyulitkan Anda dan pelanggan Anda. Gunakanlah istilah atau kata yang umum. Dan jika tidak memungkinkan, setidaknya gunakan brand atau nama perusahaan Anda. Kebayang kan bagaimana susahnya pengunjung Anda mengingat nama domain seperti 73sdfh.com ??? HHee.. 😀
  5. Deskriptif
    Sebuah nama domain yang baik memang sebaiknya bersifat deskriptif. Karena itu akan memudahkan pengunjung dan pelanggan Anda mengasosiasikan nama domain dengan usaha Anda.
  6. Tidak menggunakan simbol
    Ya, sebaiknya jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Karena kecenderungan orang ketika akan mengetik nama domain suatu website, biasanya gandeng semua tanpa tanda hubung. Jika memang terpaksa, sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang.
  7. Gunakan nama pribadi atau kata kunci tertarget
    Ada baiknya jika Anda ingin membuat blog / website pribadi maka gunakanlah nama pribadi atau nama panggilan yang lebih singkat. Kita juga bisa menggunakan kata kunci yang tertarget untuk membuat website dengan niche tertentu, seperti dietsehat.com, kerjasantai.com, bisnisinternet.com, dsb.
  8. Gabungkan nama merek atau nama perusahaan dengan jenis usaha yang dijalani
    Semisal begini, Anda mempunya usaha di bidang produksi atau penjualan baju batik, dan Anda juga mempunyai nama usaha semisal CV. Kartika. Maka untuk memudahkan orang mengenal nama usaha Anda dan bisnis yang Anda jalani, ketika hendak memilih nama domain bisa menggabungkan dua elemen ini, menjadi kartikabatik.com. Rumusnya: brand + jenis usaha, atau dibalik.
Nah, semoga tips memilih nama domain ini bermanfaat dan dapat diterapkan saat Anda membuat Website. Silahkan bereksplorasi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar